//
you're reading...
Umum

Yang Perlu Diketahui sebelum Ngopi

Untuk menikmati secangkir Kopi yang nikmat ternyata melibatkan banyak hal. Mulai dari memilih biji Kopi, mengolahnya menjadi bubuk Kopi hingga cara menyeduh yang tepat juga mempengaruhi kenikmatannya. Ternyata semua ada caranya. Saat ini yang jenis Kopi yang terkenal di pasaran ada 2 jenis yakni Kopi Robusta dan Kopi Arabika. Kopi Robusta ditandai dengan ciri biji yang berbentuk bulat dengan garis tengah lurus, sedangkan Kopi Arabika dikenali dengan bentuknya yang lonjong dengan garis tengah yang bergelombang. Itu dari ciri fisiknya, sementara dari nilai jualnya Harga Kopi Arabika lebih mahal dari Kopi Robusta karena kandungan kafein Kopi Arabika lebih rendah dari Kopi Robusta. Kandungan Kafein Kopi Arabika berkisar antara 1,0 – 1,7 persen. Sedangkan Kopi Robusta kandungan kafeinnya 2,8 – 4,0 persen. Nah, lantaran harga jualnya yang lebih murah dan kadar kafeinnya yang tinggi itulah maka Kopi Robusta lebih banyak digunakan oleh produsen Kopi instan.

Kualitas Kopi juga turut ditentukan oleh bagaimana cara penyimpanannya. Jika suatu waktu anda membeli Kopi, pilihlah Kopi yang dikemas dalam bungkus yang kedap udara dan tidak tembus pandang. Hal yang perlu diingat, bahwa musuh utama Kopi adalah udara dan cahaya. Sementara untuk penyajiannya sendiri, seduhlah sesendoh teh bubuk Kopi dengan air panas. Air panas yang dimaksud disini adalah gelembung pertama didihan air.
Artinya, air tersebut tidak terlalu lama mendidih diatas api kompor. Mengapa mesti demikian? Air yang terlalu lama mendidih akan berpengaruh dan merusak citra Kopi sebab Kopi yang sebenarnya telah digoreng menjadi gosong. Sama halnya jika anda mendidihkan air terlalu lama. Bila hal ini terjadi saran yang dibagi saat ini adalah untuk mendiamkan dulu air tersebut selama beberapa menit (pengalaman penulis sekitar 2 menit) sebelum diseduh dengan Kopi. Saran lainnya, sebaiknya jangan langsung meminum Kopi yang baru diaduk dalam cangkir. Agar benar-benar nikmat waktu diminum, Kopi yang telah diseduh itu harus didiamkan dulu beberapa saat dan jangka waktu meminumnya 30 menit setelah dihidangkan. (Kalau jangka waktu meminumnya, ini pengalaman pribadi).

Sedari tadi dibahas tentang “budaya ngopi”. Lalu bagaimana sudut pandang kesehatan terhadap KOPI?

Berbicara mengenai kopi, banyak orang yang masih berpendapat bahwa Kopi buruk bagi kesehatan. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Kopi, asalkan dikonsumsi secara bijak, sebenarnya justru bermanfaat bagi kesehatan. Apa pun, bukan hanya Kopi, bila dikonsumsi berlebihan pasti tidak baik. Kita mulai dari manfaat Kopi terlebih dulu.

Manfaat Kopi

Menurut Harvard Women’s Health, konsumsi Kopi beberapa cangkir sehari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung serta menghambat penurunan daya kognitif otak.

  • Diabetes. Dua puluh studi yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa Kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam Kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.
  • Kanker. Riset secara konsisten menunjukkan bahwa Kopi mengurangi risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.
  • Sirosis. Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.
  • Penyakit Parkinson. Para peminum kopi memiliki risiko terkena Parkinson setengah lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum Kopi.
  • Penyakit jantung dan stroke. Konsumsi kopi tidak meningkatkan risiko jantung dan stroke.  Sebaliknya, Kopi justru sedikit mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir Kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum Kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.
  • Fungsi kognitif. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir Kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Efek Negatif Kopi

Namunpun demikian, ada juga efek negatif dari kopi. Kandungan Kafein sebagai kandungan utama kopi ternyata bersifat stimulan yang memberi efek candu. Kafein mempengaruhi Sistem Kardiovaskuler yang menhgakibatkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah. tapi, kembali ke pernyataan diatas bahwa hal tersebut tidak akan muncul jika Kopi dikonsumsi secara pas dan tidak berlebihan. Bagi kebanyakan orang, minum dua sampai tiga cangkir Kopi tidak memberikan dampak negatif. Meminum kopi dengan frekuensi lebih dari itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengkonsumsi Kopi agar tidak mengantuk misalnya karena kekurangan tidur, disarankan agar mengkonsumsinya tidak terus menerus melainkan disebar sepanjang hari.

Riset mengenai hubungan konsumsi Kopi dengan keguguran kandungan tidak memberikan kesimpulan seragam. Tetapi, untuk amannya ibu hamil disarankan tidak minum lebih dari satu cangkir Kopi sehari.

 

Sumber: Dari berbagai Sumber

About tanahkerontang

Berusaha untuk Berpikir Cerdas, Bekerja Keras, Bekerja Tuntas dan Bekerja Ikhlas

Diskusi

One thought on “Yang Perlu Diketahui sebelum Ngopi

  1. Info Bagus bagi PENIKMAT KOPI

    Posted by mesin2kilo | 25 April 2012, 21:12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: