//
you're reading...
Sains dan Teknologi

Teknologi Sukhoi Superjet SJJ-100

Sukhoi. Ramai-ramai bicara Sukhoi. Kalangan awam pun sekarang mulai “familiar” dengan Sukhoi, apalagi setelah media sibuk memberitakan kontak radio yang terputus saat demo terbang di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, kemarin (09/05/2012).Kita tidak akan terlalu banyak membahas tentang tragedi itu, tapi lebih fokus pada Teknologi yang menyertainya. Mudah-mudahan kita kepikiran untuk transfer teknologi yang bermanfaat bagi negara kita setelah postingan ini dibagi.

Sukhoi. Selama ini dikenal sebagai Produsen Pesawat Tempur dari Rusia. Indonesia juga termasuk negara konsumen produk-produknya. Mulai dari Sukhoi-27SK, Sukhoi-30MK Sukhoi-27SKM dan Sukhoi-30MK2. Tahun 2007, Sukhoi SSJ-100 diproduksi dan diperkenalkan sebagai pesawat angkut tercanggih yang pernah dibuat oleh Komsomolsk-on-Amur Aircraft Production Association yang dirancang Sukhoi Civil Aircraft (UAC). Pesawat ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan dengan teknologi mutakhir serta menawarkan kenyamanan bagi penumpang.

Beberapa keunggulan teknologi yang dimiliki Sukhoi Superjet (SSJ) 100 sebagaimana yang dimuat  di http://www.sukhoi.org/, adalah:

  1. SSJ-100 mudah dan aman untuk pilot. Desain kokpit yang dikenal dengan The Human Centered Design, memungkinkan pilot untuk melakukan pendaratan sendiri (tanpa co-pilot). Selain itu, desain kokpit yang gelap dan tenang, menawarkan ketepatan, kenyamanan dan kehandalan dilengkapi tuas kendali dibagian samping, berdekatan dengan jendela kokpit.
  2. Kendali pesawat dengan fly-by-wire elektronik, memudahkan pilot dalam pengendalian dan pendaratan yang berarti pesawat ini dapat dikendalikan secara otomatis. Fly by ware juga mengontrol penuh fitur stabilizer horizontal yang menghasilkan kestabilan dan pengurangan efek hambatan dari sisi aerodinamikanya.
  3. SSJ 100 dilengkapi dengan alat pendeteksi kegagalan sistem yang dibuat oleh Thales dan dilengkapi dengan Traffic Collision Avoidance System (TCAS) sebagai sistem yang berfungsi untuk mendeteksi jika pesawat itu akan mengalami tumbukan dengan pesawat atau obyek lain. Sistem avionik ini digadang-gadang sebagai sistem dengan keunggulan dan kehandalan dalam keselamatan penerbangan.
  4. Dilengkapi dengan mesin SaM146 terbaru keluaran Powerjet untuk memenuhi persyaratan lingkungan dan kebutuhan akan performa terbaik. Penggunaan Mesin SaM146 bertujuan untuk penghematan bahan bakar sampai 10%. Keunggulan yang tidak dimiliki pesawat sekelas, seperti Embraer dan Bombardier. Mesin SaM146, dikembangkan oleh Powerjet, sebuah joint venture antara NPO Saturn Rusia dan Snecma Perancis.
  5. Desain bodi pesawat yang lebih luas dengan daya tampung mencapai 98 orang. Kelas Bisnis berkursi 2-2 dan kelas Ekonomi didesain 2-3 kursi. Waktu penerbangan lebih dari 1 jam, melayani penerbangan jarak menengah.
  6. Kenyamanan dengan kabin yang luas dan tinggi, demikian pula pada lebih banyaknya ruang yang tersedia di bawah kursi, di atas kepala penumpang, dan di kursi dekat jendela. Ruang bagasi yang luas juga menjadi nilai tambah sehingga bisa memuat barang dengan jumlah lebih banyak.

Pesawat SSJ-100 telah menerima sertifikat dari badan sertifikasi Rusia (Russian certification institute/IAC AR) pada Januari 2011 lalu dan pada bulan Februari 2011 juga memperoleh sertifikat dari Badan Keamanan Penerbangan Eropa (European Flight Security Agent). Pesawat ini terbang untuk pertama kalinya terbang pertama kali pada Mei 2008. Sampai saat ini, SSJ-100 telah digunakan oleh Armavi, Maskapai penerbangan Armenia selain tentunya Maskapai Penerbangan Rusia Aeroflot.

Spesifikasi Teknis yang dimilki Sukhoi Superjet100 yaitu:
Kecepatan maksimum: maksimum 0,81 mach (kecepatan suara)
Ketinggian jelajah: 40 ribu kaki
Panjang landas pacu: minimum 1.731 meter
Jarak penerbangan: maksimum 4.578 km
Kapasitas penumpang: maksimum 98 penumpang
Panjang pesawat: maksimal 29.94 m
Lebar sayap: 27,80 m
Tinggi: 10,28 m
Lebar kabin: 3,236 m
Tinggi kabin: 2,12 m
Lebar lorong kabin: 51 cm
Lebar kursi: 46.5 cm

Spesifikasi produsen teknis pesawat SSJ-100:

Lokasi produksi: Komsomolsk-on-Amur, Novosibirsk dan Voronezh, Rusia
Partner Sukhoi: ALENIA AERONAUTICA, SNECMA
Konsultan: Boeing
Pemasok sistem utama pesawat SSJ-100:
Avionics – THALES
Sistem pengendali – LIEBHERR
Sistem pengendali lingkungan – LIEBHERR
Gir pendaratan – MESSIER DOWTY
Sistem bahan bakar – INTERTECHNIQUE (ZODIAC)
Interior – B/E AEROSPACE
Sistem perlindungan kebakaran – AUTRONICS (CURTISS WRIGHT)
Sistem oksigen – B/E AEROSPACE
APU – HONEYWELL
Kursi kru – IPECO
Sistem hidrolik – PARKER
Sistem listrik – HAMILTON SUNDSTRAND
Sensor getaran mesin – VIBRO-METER
Ban, Rem – GOODRICH

Teknologi yang diusung Sukhoi Superjet 100 didukung oleh Partner strategis sekelas Boeing sebagai konsultan proyek, Alenia Aeronautica sebagai partner teknis, Snecma sebagai risk-sharing partner, dan berbagai perusahaan lainnya seperti Thales sebagai penyedia paket avionik. Bisa dibayangkan, teknologi yang menjejali Sukhoi Superjet SJJ-100 yang jatuh ini.

Sumber: Dari berbagai sumber

About tanahkerontang

Berusaha untuk Berpikir Cerdas, Bekerja Keras, Bekerja Tuntas dan Bekerja Ikhlas

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: